MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud di...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicat: |
2011
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/11612/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
Sumari: | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan
berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman
konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah
kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan
mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura
Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa
kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana
tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo
berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat
peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1)
kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 %
pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan
benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%.
Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada
setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam
pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
pemahaman konsep. |
---|