PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PROGRAM MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PTK di SMP Negeri 2 Jatirogo)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui program Microsoft Power Point. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Jatirogo serta siswa kelas VII...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11608/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika
siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi melalui program Microsoft Power Point. Subyek penelitian ini adalah
guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Jatirogo serta siswa kelas VIIH yang
berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data
melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah adanya
peningkatan minat belajar matematika siswa dalam pokok bahasan himpunan
yang dapat dilihat dari 1). kesadaran siswa untuk belajar matematika yang
meliputi: a). banyaknya siswa yang mempersiapkan sumber buku pelajaran
matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 40% dan setelah penelitian
sebanyak 93,3%; b). banyaknya siswa yang siap menerima materi pelajaran
matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 33,3% dan setelah dilakukan
penelitian sebanyak 86,6%; 2). kemauan siswa untuk belajar matematika, yang
meliputi: a). banyaknya siswa yang berani mengemukakan ide/gagasan pada saat
pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 23,3% dan setelah
dilakukan penelitian sebanyak 66,7%; b). banyaknya siswa yang mampu
menyimpulkan hasil dari pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan
sebanyak 23,3% dan setelah dilakukan penelitian sebanyak 73,3%; 3). perhatian
siswa selama pembelajaran matematika, yang meliputi: a). banyaknya siswa yang
tidak melamun selama pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan
sebanyak 36,7% dan setelah dilakukan penelitian sebanyak 93,3%; b). banyaknya
siswa yang perhatiannya tertuju pada proses pelajaran matematika sebelum
dilakukan tindakan sebanyak 36,7% dan setelah dilakukan penelitian sebanyak
83,3%; 4). perasaan senang siswa selama pembelajaran matematika, yang
meliputi: a). banyaknya siswa yang aktif dalam proses pembelajaran matematika
sebelum dilakukan tindakan sebanyak 23,3% dan setelah dilakukan penelitian
sebanyak 73,3%; b). banyaknya siswa yang aktif dalam proses tanya jawab dalam
proses pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebanyak 16,7% dan
setelah dilakukan penelitian sebanyak 66,7%. |
---|