EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimentasi Kelas VIII SMP Ibu S. Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi bela...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11607/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat
belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Interaksi pembelajaran
kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N Ibu. S. Soemoharmanto
Jatipurno, Wonogiri tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 119 siswa. Sampel
dalam penelitian ini, sebanyak 80 siswa terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan cluster random sampling.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi
dua jalan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis
variansi dilakukan uji komparansi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk α
= 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran
kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 5,496 >
Ftabel = 3,920, (2) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi
belajar matematika, Fa = 173,753 > Ftabel = 3,070 dan (3) Tidak ada pengaruh
yang signifikan interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar
siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,002 < Ftabel 3,070.
|
---|