UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MAWARTI , HENNY KUSUMA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11606/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995388090875904
author MAWARTI , HENNY KUSUMA
author_facet MAWARTI , HENNY KUSUMA
author_sort MAWARTI , HENNY KUSUMA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kesulitan perkalian tanda positif dan negative, kurang teliti dalam menghitung dan operasi variabel pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebelum tindakan 34,38% dan setelah tindakan 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode collaborative learning dapat meminimalisasikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11606
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11606 https://eprints.ums.ac.id/11606/ UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi) MAWARTI , HENNY KUSUMA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kesulitan perkalian tanda positif dan negative, kurang teliti dalam menghitung dan operasi variabel pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebelum tindakan 34,38% dan setelah tindakan 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode collaborative learning dapat meminimalisasikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/1/02.Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/10/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11606/12/09._Lampiran-lampiran.pdf MAWARTI , HENNY KUSUMA (2010) UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060094
spellingShingle L Education (General)
MAWARTI , HENNY KUSUMA
UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title_full UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title_fullStr UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title_full_unstemmed UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title_short UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
title_sort upaya meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning ptk pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 4 sambi
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11606/
work_keys_str_mv AT mawartihennykusuma upayameminimalisasikankesulitanbelajarmatematikamelaluipengajaranremedialdenganmetodecollaborativelearningptkpadasiswakelasviiismpmuhammadiyah4sambi