UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)
Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2010
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/11606/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika
melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan
meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan,
dokumentasi, tes dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik
triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kesulitan
perkalian tanda positif dan negative, kurang teliti dalam menghitung dan operasi
variabel pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini dapat dilihat dari
banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal
sebelum tindakan 34,38% dan setelah tindakan 62,5%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode collaborative learning
dapat meminimalisasikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran
matematika. |
---|