PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEAN ENDS ANALYSIS DAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK di SMP N 1 Sambi Kelas VII Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran Mean ends analysis dan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru ma...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11604/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran Mean ends analysis dan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1)
mengajukan pertanyaan kepada guru meningkat dari (0%) menjadi (62,86%), 2) mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari (5,7%) menjadi (14,28%), 3) mengemukakan ide meningkat dari (0%) menjadi (11,43%), 4) menjawab
pertanyaan meningkat dari (2,8%) menjadi (54,28%), 5) kemampuan pemecahan masalah dalam hal menganalisis soal meningkat dari (22,86%) menjadi (80%), menyelesaikan soal dengan langkah yang benar meningkat dari (34,28%) menjadi
(54,28%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mean ends analysis dan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa. |
---|