PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD). Jenis penelitian pada penelitian ini...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11602/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995387280326656 |
---|---|
author | PARMININGSIH, MENIK |
author_facet | PARMININGSIH, MENIK |
author_sort | PARMININGSIH, MENIK |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Al Islam Kalijambe Sragen yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 24,43%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 8,10 % dan setelah tindakan 27,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan 16,21% dan setelah tindakan 54,05%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11602 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11602 https://eprints.ums.ac.id/11602/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PARMININGSIH, MENIK L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Al Islam Kalijambe Sragen yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 13,51% dan setelah tindakan 24,43%, 2) berkonsentrasi dalam mendengarkan guru pada waktu menjelaskan materi sebelum tindakan 8,10 % dan setelah tindakan 27,02%, 3) antusias dalam pembelajaran matematika, yaitu kesiapan siswa dalam memulai proses pembelajaran sebelum tindakan 16,21% dan setelah tindakan 54,05%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Video Compact Disk (VCD) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11602/1/COVER_DAN_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11602/3/skripsi_lengkap.pdf PARMININGSIH, MENIK (2010) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060086 |
spellingShingle | L Education (General) PARMININGSIH, MENIK PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title_full | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title_fullStr | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title_short | PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN VIDEO COMPACT DISK (VCD) PADA POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG |
title_sort | peningkatan minat belajar matematika melalui model pembelajaran creative problem solving cps dengan video compact disk vcd pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11602/ |
work_keys_str_mv | AT parminingsihmenik peningkatanminatbelajarmatematikamelaluimodelpembelajarancreativeproblemsolvingcpsdenganvideocompactdiskvcdpadapokokbahasanpersegidanpersegipanjang |