PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11598/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995386182467584 |
---|---|
author | NUGROHO, FAJAR TRI |
author_facet | NUGROHO, FAJAR TRI |
author_sort | NUGROHO, FAJAR TRI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and
getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A
SMP Negeri1 Ngemplak.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMPNegeri 1 Ngemplak. Sebagai subjek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36siswa dan subjek
pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif
yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitianini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi dan prestasimelalui
strategi giving question and getting answer. Hal ini dilihat dari indikator:a).
keinginan siswa untuk mengerjakan soalsebelum tindakan 66,67% dan 97,22%
pada akhir tindakan; b).Keinginan siswa memberi tanggapan guru atau siswa lain
sebelum tindakan 30,56% dan63,39% setelah tindakan; c). Keinginan siswa
menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan16,62% dan50%
setelah tindakan; d). siswa menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan
16,67% dan47,22% setelah tindakan; dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5
sebelum tindakan 44,44% dan 69,44% pada akhir tindakan. Kesimpulan
penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi giving question and getting
answer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam proses
pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11598 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11598 https://eprints.ums.ac.id/11598/ PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK NUGROHO, FAJAR TRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplak.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMPNegeri 1 Ngemplak. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi dan prestasimelalui strategi giving question and getting answer. Hal ini dilihat dari indikator:a). keinginan siswa untuk mengerjakan soalsebelum tindakan 66,67% dan 97,22% pada akhir tindakan; b).Keinginan siswa memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 30,56% dan63,39% setelah tindakan; c). Keinginan siswa menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan16,62% dan50% setelah tindakan; d). siswa menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan 16,67% dan47,22% setelah tindakan; dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebelum tindakan 44,44% dan 69,44% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/1/Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/18/Lampiran_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11598/22/Lampiran_2.pdf NUGROHO, FAJAR TRI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060029 |
spellingShingle | L Education (General) NUGROHO, FAJAR TRI PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK |
title | PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP
NEGERI 1 NGEMPLAK |
title_full | PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP
NEGERI 1 NGEMPLAK |
title_fullStr | PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP
NEGERI 1 NGEMPLAK |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP
NEGERI 1 NGEMPLAK |
title_short | PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP
NEGERI 1 NGEMPLAK |
title_sort | peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika aritmetika sosial melalui strategi giving question and getting answers pada siswa kelas vii semester i di smp negeri 1 ngemplak |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11598/ |
work_keys_str_mv | AT nugrohofajartri peningkatanmotivasidanprestasibelajarmatematikaaritmetikasosialmelaluistrategigivingquestionandgettinganswerspadasiswakelasviisemesteridismpnegeri1ngemplak |