PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggu...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: NUGROHO, FAJAR TRI
Formato: Tese
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado em: 2011
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/11598/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplak.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMPNegeri 1 Ngemplak. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi dan prestasimelalui strategi giving question and getting answer. Hal ini dilihat dari indikator:a). keinginan siswa untuk mengerjakan soalsebelum tindakan 66,67% dan 97,22% pada akhir tindakan; b).Keinginan siswa memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 30,56% dan63,39% setelah tindakan; c). Keinginan siswa menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan16,62% dan50% setelah tindakan; d). siswa menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan 16,67% dan47,22% setelah tindakan; dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebelum tindakan 44,44% dan 69,44% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.