PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11598/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and
getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A
SMP Negeri1 Ngemplak.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMPNegeri 1 Ngemplak. Sebagai subjek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36siswa dan subjek
pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif
yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitianini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi dan prestasimelalui
strategi giving question and getting answer. Hal ini dilihat dari indikator:a).
keinginan siswa untuk mengerjakan soalsebelum tindakan 66,67% dan 97,22%
pada akhir tindakan; b).Keinginan siswa memberi tanggapan guru atau siswa lain
sebelum tindakan 30,56% dan63,39% setelah tindakan; c). Keinginan siswa
menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan16,62% dan50%
setelah tindakan; d). siswa menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan
16,67% dan47,22% setelah tindakan; dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5
sebelum tindakan 44,44% dan 69,44% pada akhir tindakan. Kesimpulan
penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi giving question and getting
answer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam proses
pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. |
---|