PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DHANIARTI , APRILIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11594/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995385050005504
author DHANIARTI , APRILIA
author_facet DHANIARTI , APRILIA
author_sort DHANIARTI , APRILIA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1) pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30% di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2) Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11594
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11594 https://eprints.ums.ac.id/11594/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) DHANIARTI , APRILIA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1) pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30% di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2) Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/13/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/18/Lampiran-lampiran.pdf DHANIARTI , APRILIA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060074
spellingShingle L Education (General)
DHANIARTI , APRILIA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
title_sort peningkatan pemahaman konsep matematika dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan student active learning sal dengan menggunakan alat peraga tangram dan lembar kerja siswa lks ptk pada siswa kelas ix e di smp negeri 1 selogiri wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11594/
work_keys_str_mv AT dhaniartiaprilia peningkatanpemahamankonsepmatematikadankreativitassiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanstudentactivelearningsaldenganmenggunakanalatperagatangramdanlembarkerjasiswalksptkpadasiswakelasixedismpnegeri1selogiriwonogiri