PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11594/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995385050005504 |
---|---|
author | DHANIARTI , APRILIA |
author_facet | DHANIARTI , APRILIA |
author_sort | DHANIARTI , APRILIA |
collection | ePrints |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman
konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam
pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1)
pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan
konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30%
di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum
diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2)
Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat
atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi
53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan
sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan
kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir
tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL)
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11594 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11594 https://eprints.ums.ac.id/11594/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) DHANIARTI , APRILIA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1) pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30% di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2) Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/13/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11594/18/Lampiran-lampiran.pdf DHANIARTI , APRILIA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060074 |
spellingShingle | L Education (General) DHANIARTI , APRILIA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title_full | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title_fullStr | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title_short | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI) |
title_sort | peningkatan pemahaman konsep matematika dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan student active learning sal dengan menggunakan alat peraga tangram dan lembar kerja siswa lks ptk pada siswa kelas ix e di smp negeri 1 selogiri wonogiri |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11594/ |
work_keys_str_mv | AT dhaniartiaprilia peningkatanpemahamankonsepmatematikadankreativitassiswadalampembelajaranmatematikamelaluipendekatanstudentactivelearningsaldenganmenggunakanalatperagatangramdanlembarkerjasiswalksptkpadasiswakelasixedismpnegeri1selogiriwonogiri |