PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STUDENT ACTIVE LEARNING (SAL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGRAM DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)(PTK pada siswa kelas IX E di SMP NEGERI 1 SELOGIRI, WONOGIRI)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11594/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman
konsep dan kreativitas siswa pada pokok bahasan kesebangunan dalam
pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Active Learning. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas IX E SMP Negeri 1 Selogiri yang berjumlah 26 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan : 1)
pemahaman konsep yang dilihat dari : a) kemampuan siswa mendefinisikan
konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07% menjadi 92,30%
di akhir tindakan, b) mengidentifikasi sifat-sifat konsep secara tepat sebelum
diadakan tindakan sebesar 19,23% menjadi 84,61% di akhir tindakan ; 2)
Kreativitas siswa yang dilihat dari : a) keberanian siswa mengemukakan pendapat
atau memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,69% menjadi
53,84% di akhir tindakan, b) mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan
sebesar 7,69% menjadi 61,53% di akhir tindakan, c) mengerjakan soal di depan
kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,53% menjadi 53,84% di akhir
tindakan. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Student Active Learning (SAL)
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa.
|
---|