TINJAUAN DIKSI, STRUKTUR MORFOLOGIS, DAN MORFOFONEMIK DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DIDALAM MAJALAH ANEKA YESS
Titin sulistyaningrum,Nim A310060267 Jurusan Pendidikan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2011. Bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri dari dua bagian yang besar yaitu bentuk dan makna.Salah satu gej...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11587/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Titin sulistyaningrum,Nim A310060267 Jurusan Pendidikan Sastra Indonesia dan
Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2011. Bahasa sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat terdiri dari dua bagian yang
besar yaitu bentuk dan makna.Salah satu gejala bidang tata bentukan kata dalam bahasa
Indonesia yang memiliki peluang permasalahan dan menarik untuk dikaji adalah proses
morfofonemik. Permasalahan dalam morfofonemik cukup variatif, pertemuan antara morfem
dasar dengan berbagai afiks sering menimbulkan variasi-variasi yang kadang
membingungkan para pemakai bahasa.
Tujuan penelitian ini dapat memberikan sumbangan tehadap pola penyajian dan
pengembangan bahasa terutama bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan interaksi.
Penelitian ini menggunakan metode sinkronis, yaitu memaparkan suatu penelitian
sesuai dengan apa adanya atau sesuai dengan data yang ada dalam kurun waktu
tertentu.Metode deskripsi sinkronis semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada atau
fenomena-fenomena yang memang secara empiris hidup pada penutur-penuturnya.
Saran Bahasa sebagai alat komunikasi sehari-hari bila tidak digunakan dengan baik dan benar, dapat mengakibatkan bahasa itu punah secara perlahan-lahan. Kita sebagai warga
negara seharusnya menggunakan bahasa dengan baik dan benar, secara lisan maupun tertulis. |
---|