KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11577/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995380363919360 |
---|---|
author | SULISTYANINGSIH , INDAH |
author_facet | SULISTYANINGSIH , INDAH |
author_sort | SULISTYANINGSIH , INDAH |
collection | ePrints |
description |
Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca
permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk
mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2
Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan oleh
guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1
SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, obyek penelitian
ini adalah kesulitan belajar membca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1
SD Negeri 2 Serenan, Juwiring Klaten.
Data penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan sumber data tertulis,
tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan analisis dokumen,
wawancara dan observasi.
Hasil penelitian berdasarkan kesulitan belajar membaca dan menulis
permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten adalah kata
yang seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata rajin
seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja tiga suku kata. Kata anak seharusnya
dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata
adi dieja dua suku kata, tetapi ejaanya salah. Kata naik seharusnya dieja dua suku
kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata sepeda
seharusnya dieja tiga suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata bangun ditulis
bagun berarti nasal ng diganti konsonan g, ada yang ditulis bangun berarti hilang
konsonan n, pada akhir kata, kata sepeda ditulis speda berarti hilang vocal e. Kata
naik ditulis naek berarti vocal i diganti dengan vocal e. Kata naik ditulis nai
berarti ada penggalan konsonan k pada akhir kata. Kata sepeda ditulis sepda
berarti hilang vocal e.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11577 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11577 https://eprints.ums.ac.id/11577/ KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN SULISTYANINGSIH , INDAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, obyek penelitian ini adalah kesulitan belajar membca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring Klaten. Data penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan sumber data tertulis, tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten adalah kata yang seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata rajin seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja tiga suku kata. Kata anak seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata adi dieja dua suku kata, tetapi ejaanya salah. Kata naik seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata sepeda seharusnya dieja tiga suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata bangun ditulis bagun berarti nasal ng diganti konsonan g, ada yang ditulis bangun berarti hilang konsonan n, pada akhir kata, kata sepeda ditulis speda berarti hilang vocal e. Kata naik ditulis naek berarti vocal i diganti dengan vocal e. Kata naik ditulis nai berarti ada penggalan konsonan k pada akhir kata. Kata sepeda ditulis sepda berarti hilang vocal e. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/15/LAMPIRAN.pdf SULISTYANINGSIH , INDAH (2011) KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310050204 |
spellingShingle | L Education (General) SULISTYANINGSIH , INDAH KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title | KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title_full | KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title_fullStr | KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title_full_unstemmed | KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title_short | KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN |
title_sort | kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 sd negeri 2 serenan juwiring klaten |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11577/ |
work_keys_str_mv | AT sulistyaningsihindah kesulitanbelajarmembacadanmenulispermulaanpadasiswakelas1sdnegeri2serenanjuwiringklaten |