KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN

Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTYANINGSIH , INDAH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11577/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995380363919360
author SULISTYANINGSIH , INDAH
author_facet SULISTYANINGSIH , INDAH
author_sort SULISTYANINGSIH , INDAH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, obyek penelitian ini adalah kesulitan belajar membca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring Klaten. Data penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan sumber data tertulis, tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten adalah kata yang seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata rajin seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja tiga suku kata. Kata anak seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata adi dieja dua suku kata, tetapi ejaanya salah. Kata naik seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata sepeda seharusnya dieja tiga suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata bangun ditulis bagun berarti nasal ng diganti konsonan g, ada yang ditulis bangun berarti hilang konsonan n, pada akhir kata, kata sepeda ditulis speda berarti hilang vocal e. Kata naik ditulis naek berarti vocal i diganti dengan vocal e. Kata naik ditulis nai berarti ada penggalan konsonan k pada akhir kata. Kata sepeda ditulis sepda berarti hilang vocal e.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11577
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11577 https://eprints.ums.ac.id/11577/ KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN SULISTYANINGSIH , INDAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (b) untuk mengetahui kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten, (c) untuk mengetahui solusi yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, obyek penelitian ini adalah kesulitan belajar membca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Serenan, Juwiring Klaten. Data penelitian ini adalah kata-kata, tindakan dan sumber data tertulis, tehnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan analisis dokumen, wawancara dan observasi. Hasil penelitian berdasarkan kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Serenan, Juwiring, Klaten adalah kata yang seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata rajin seharusnya dieja dua suku kata, tetapi dieja tiga suku kata. Kata anak seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata adi dieja dua suku kata, tetapi ejaanya salah. Kata naik seharusnya dieja dua suku kata, tetapi ada yang dieja tiga suku kata dan empat suku kata. Kata sepeda seharusnya dieja tiga suku kata, tetapi dieja empat suku kata. Kata bangun ditulis bagun berarti nasal ng diganti konsonan g, ada yang ditulis bangun berarti hilang konsonan n, pada akhir kata, kata sepeda ditulis speda berarti hilang vocal e. Kata naik ditulis naek berarti vocal i diganti dengan vocal e. Kata naik ditulis nai berarti ada penggalan konsonan k pada akhir kata. Kata sepeda ditulis sepda berarti hilang vocal e. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11577/15/LAMPIRAN.pdf SULISTYANINGSIH , INDAH (2011) KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310050204
spellingShingle L Education (General)
SULISTYANINGSIH , INDAH
KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title_full KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title_fullStr KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title_full_unstemmed KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title_short KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SERENAN, JUWIRING KLATEN
title_sort kesulitan belajar membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas 1 sd negeri 2 serenan juwiring klaten
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11577/
work_keys_str_mv AT sulistyaningsihindah kesulitanbelajarmembacadanmenulispermulaanpadasiswakelas1sdnegeri2serenanjuwiringklaten