UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11574/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995379542884352
author NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ
author_facet NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ
author_sort NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mengambil lokasi di YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen. Bentuk dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yakni guru kelas II YPSLB-C Gemolong dan siswa kelas II YPSLB-C Gemolong yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pendekatan kualitatif karena pada penelitian kualitatif memunculkan keadaan alamiah apa adanya. Dalam penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; (4) analisis dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan siswa kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011dengan menggunakan media gambar. Peningkatan kualitas proses dan hasil tersebut tercermin dari indikator sebagai berikut. (1) siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran membaca permulaan; (2) siswa mengalami peningkatan keterampilan membaca; (3) guru berhasil membangkitkan minat siswa; (4) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran serta mengembangkan materi ajar meningkat; (5) nilai yang diperoleh siswa meningkat pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus adalah 63,83 meningkat menjadi 65,83 pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,87. Selain itu penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa, pada tahap prasiklus terdapat 2 siswa yang aktif, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 3 siswa dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 5 siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11574
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11574 https://eprints.ums.ac.id/11574/ UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mengambil lokasi di YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen. Bentuk dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yakni guru kelas II YPSLB-C Gemolong dan siswa kelas II YPSLB-C Gemolong yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pendekatan kualitatif karena pada penelitian kualitatif memunculkan keadaan alamiah apa adanya. Dalam penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; (4) analisis dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca permulaan siswa kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011dengan menggunakan media gambar. Peningkatan kualitas proses dan hasil tersebut tercermin dari indikator sebagai berikut. (1) siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran membaca permulaan; (2) siswa mengalami peningkatan keterampilan membaca; (3) guru berhasil membangkitkan minat siswa; (4) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran serta mengembangkan materi ajar meningkat; (5) nilai yang diperoleh siswa meningkat pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus adalah 63,83 meningkat menjadi 65,83 pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,87. Selain itu penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa, pada tahap prasiklus terdapat 2 siswa yang aktif, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 3 siswa dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 5 siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11574/18/LAMPIRAN.pdf NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310050187
spellingShingle L Education (General)
NUROKHIM , MUHAMAD AZIZ
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort upaya meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan melalui media gambar pada anak tuna grahita ringan kelas ii ypslb c desa geneng duwur kecamatan gemolong kabupaten sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11574/
work_keys_str_mv AT nurokhimmuhamadaziz upayameningkatkanprestasibelajarmembacapermulaanmelaluimediagambarpadaanaktunagrahitaringankelasiiypslbcdesagenengduwurkecamatangemolongkabupatensragentahunajaran20102011