UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS II YPSLB-C DESA GENENG DUWUR, KECAMATAN GEMOLONG, KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11574/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengaruh penggunaan
media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada
anak tuna grahita ringan kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan
Gemolong, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang
mengambil lokasi di YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong,
kabupaten Sragen. Bentuk dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber
data yakni guru kelas II YPSLB-C Gemolong dan siswa kelas II YPSLB-C
Gemolong yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dokumentasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis pendekatan kualitatif karena pada penelitian kualitatif memunculkan
keadaan alamiah apa adanya. Dalam penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I,
dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan
tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; (4) analisis dan
refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan membaca
permulaan siswa kelas II YPSLB-C desa Geneng Duwur, kecamatan Gemolong,
kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011dengan menggunakan media gambar.
Peningkatan kualitas proses dan hasil tersebut tercermin dari indikator sebagai
berikut. (1) siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran membaca permulaan; (2) siswa
mengalami peningkatan keterampilan membaca; (3) guru berhasil membangkitkan
minat siswa; (4) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran serta
mengembangkan materi ajar meningkat; (5) nilai yang diperoleh siswa meningkat
pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus adalah 63,83
meningkat menjadi 65,83 pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 70,87. Selain itu penggunaan media gambar dapat
meningkatkan keaktifan siswa, pada tahap prasiklus terdapat 2 siswa yang aktif,
sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 3 siswa dan pada siklus II keaktifan
siswa meningkat menjadi 5 siswa.
|
---|