WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud bahasa dan mendeskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: GUNAWAN , GUNAWAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11573/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995379268157440
author GUNAWAN , GUNAWAN
author_facet GUNAWAN , GUNAWAN
author_sort GUNAWAN , GUNAWAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud bahasa dan mendeskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Selanjutnya teknik ini dilanjutkan dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Analisis data digunakan metode padan intralingual. Berdasarkan hasil analisis, wujud bahasa yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi lima wujud bahasa. Diantaranya wujud bahasa yang digunakan dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet dalam penelitian ini dibedakan menjadi (1) Wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat; (2) Wujud bahasa yang isinya bersifat saran; (3) Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran; (4) Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan; (5) Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan. Data dalam penelitian ini adalah paragraf persuasi pada artikel Islami di Internet. Berdasarkan analisis data penelitian, bentuk wacana paragraf persuasi yang ditemukan sebanyak 40 data dari 13 artikel Islami. Hasil penelitian ditemukan wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat pada penelitian ini ditemukan 12 data. Sedangkan wujud bahasa yang isinya bersifat saran dengan jumlah data terdapat 4 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran dengan jumlah data terdapat 8 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan dengan jumlah 14 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan berjumlah data terdapat 2 data.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11573
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11573 https://eprints.ums.ac.id/11573/ WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET GUNAWAN , GUNAWAN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud bahasa dan mendeskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Selanjutnya teknik ini dilanjutkan dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Analisis data digunakan metode padan intralingual. Berdasarkan hasil analisis, wujud bahasa yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi lima wujud bahasa. Diantaranya wujud bahasa yang digunakan dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet dalam penelitian ini dibedakan menjadi (1) Wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat; (2) Wujud bahasa yang isinya bersifat saran; (3) Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran; (4) Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan; (5) Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan. Data dalam penelitian ini adalah paragraf persuasi pada artikel Islami di Internet. Berdasarkan analisis data penelitian, bentuk wacana paragraf persuasi yang ditemukan sebanyak 40 data dari 13 artikel Islami. Hasil penelitian ditemukan wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat pada penelitian ini ditemukan 12 data. Sedangkan wujud bahasa yang isinya bersifat saran dengan jumlah data terdapat 4 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran dengan jumlah data terdapat 8 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan dengan jumlah 14 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan berjumlah data terdapat 2 data. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/17/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11573/19/09._Lampiran.pdf GUNAWAN , GUNAWAN (2011) WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310060185
spellingShingle L Education (General)
GUNAWAN , GUNAWAN
WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title_full WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title_fullStr WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title_full_unstemmed WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title_short WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET
title_sort wacana persuasi pada artikel islami di internet
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11573/
work_keys_str_mv AT gunawangunawan wacanapersuasipadaartikelislamidiinternet