WACANA PERSUASI PADA ARTIKEL ISLAMI DI INTERNET

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud bahasa dan mendeskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: GUNAWAN , GUNAWAN
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/11573/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
Նկարագրություն
Ամփոփում:Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud bahasa dan mendeskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Selanjutnya teknik ini dilanjutkan dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Analisis data digunakan metode padan intralingual. Berdasarkan hasil analisis, wujud bahasa yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi lima wujud bahasa. Diantaranya wujud bahasa yang digunakan dalam wacana persuasi pada artikel Islami di internet dalam penelitian ini dibedakan menjadi (1) Wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat; (2) Wujud bahasa yang isinya bersifat saran; (3) Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran; (4) Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan; (5) Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan. Data dalam penelitian ini adalah paragraf persuasi pada artikel Islami di Internet. Berdasarkan analisis data penelitian, bentuk wacana paragraf persuasi yang ditemukan sebanyak 40 data dari 13 artikel Islami. Hasil penelitian ditemukan wujud bahasa yang isinya bersifat nasihat pada penelitian ini ditemukan 12 data. Sedangkan wujud bahasa yang isinya bersifat saran dengan jumlah data terdapat 4 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat anjuran dengan jumlah data terdapat 8 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat menegaskan dengan jumlah 14 data. Wujud bahasa yang isinya bersifat meyakinkan berjumlah data terdapat 2 data.