ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VI...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11563/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804995376528228352 |
---|---|
author | KOLAMIAH, SRI MARTINI |
author_facet | KOLAMIAH, SRI MARTINI |
author_sort | KOLAMIAH, SRI MARTINI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur
ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP
Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan
ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP
Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan analisis datanya
termasuk penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis
isi (content analysis). Sumber data diperoleh dari Guru Bahasa Indonesia kelas
VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali yang berupa rekaman. Data
dikumpulkan dengan metode simak, rekam, dan catat. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik observasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Bentuk tindak tutur ilokusi guru
Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali : (a) Tindak
tutur asertif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya kepada kebenaran atas
apa yang dikatakannya yaitu menjelaskan, menegaskan, menyetujui,
menunjukkan, dan menyebutkan. (b) Tindak tutur direktif, tindak tutur ini
bertujuan agar pendengar melakukan tindakan yang disebutkan oleh penutur yaitu
menyuruh dan menuntut. (c) Tindak tutur ekspresif, tindak tutur ini bertujuan agar
ujaran penutur dijadikan sebagai evaluasi mitra tutur yaitu mengkritik dan
mengeluh. (d) Tindak tutur komisif, tindak tutur ini bertujuan mengikat
penuturnya untuk melaksanakan ujarannya yaitu bertanya dan mengancam. (e)
Tindak tutur deklarasi, tindak tutur ini bertujuan dengan maksud untuk
menciptakan keadaan baru yaitu melarang. (2) Strategi tindak tutur ilokusi guru
Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali, strategi tindak
tutur ilokusi lebih banyak menggunakan strategi tindak tutur langsung. Secara
formal berdasarkan modusnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat berita, kalimat
tanya, dan kalimat perintah.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11563 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11563 https://eprints.ums.ac.id/11563/ ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI KOLAMIAH, SRI MARTINI L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan analisis datanya termasuk penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data diperoleh dari Guru Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali yang berupa rekaman. Data dikumpulkan dengan metode simak, rekam, dan catat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali : (a) Tindak tutur asertif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya kepada kebenaran atas apa yang dikatakannya yaitu menjelaskan, menegaskan, menyetujui, menunjukkan, dan menyebutkan. (b) Tindak tutur direktif, tindak tutur ini bertujuan agar pendengar melakukan tindakan yang disebutkan oleh penutur yaitu menyuruh dan menuntut. (c) Tindak tutur ekspresif, tindak tutur ini bertujuan agar ujaran penutur dijadikan sebagai evaluasi mitra tutur yaitu mengkritik dan mengeluh. (d) Tindak tutur komisif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya untuk melaksanakan ujarannya yaitu bertanya dan mengancam. (e) Tindak tutur deklarasi, tindak tutur ini bertujuan dengan maksud untuk menciptakan keadaan baru yaitu melarang. (2) Strategi tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali, strategi tindak tutur ilokusi lebih banyak menggunakan strategi tindak tutur langsung. Secara formal berdasarkan modusnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/17/09._LAMPIRAN.pdf KOLAMIAH, SRI MARTINI (2011) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310060149 |
spellingShingle | L Education (General) KOLAMIAH, SRI MARTINI ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title | ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title_full | ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title_fullStr | ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title_full_unstemmed | ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title_short | ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI |
title_sort | analisis tindak tutur ilokusi guru bahasa indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas vii smp muhammadiyah 7 banyudono boyolali |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11563/ |
work_keys_str_mv | AT kolamiahsrimartini analisistindaktuturilokusigurubahasaindonesiadalaminteraksibelajarmengajarkelasviismpmuhammadiyah7banyudonoboyolali |