ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI

Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VI...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: KOLAMIAH, SRI MARTINI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11563/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
_version_ 1804995376528228352
author KOLAMIAH, SRI MARTINI
author_facet KOLAMIAH, SRI MARTINI
author_sort KOLAMIAH, SRI MARTINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan analisis datanya termasuk penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data diperoleh dari Guru Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali yang berupa rekaman. Data dikumpulkan dengan metode simak, rekam, dan catat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali : (a) Tindak tutur asertif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya kepada kebenaran atas apa yang dikatakannya yaitu menjelaskan, menegaskan, menyetujui, menunjukkan, dan menyebutkan. (b) Tindak tutur direktif, tindak tutur ini bertujuan agar pendengar melakukan tindakan yang disebutkan oleh penutur yaitu menyuruh dan menuntut. (c) Tindak tutur ekspresif, tindak tutur ini bertujuan agar ujaran penutur dijadikan sebagai evaluasi mitra tutur yaitu mengkritik dan mengeluh. (d) Tindak tutur komisif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya untuk melaksanakan ujarannya yaitu bertanya dan mengancam. (e) Tindak tutur deklarasi, tindak tutur ini bertujuan dengan maksud untuk menciptakan keadaan baru yaitu melarang. (2) Strategi tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali, strategi tindak tutur ilokusi lebih banyak menggunakan strategi tindak tutur langsung. Secara formal berdasarkan modusnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11563
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11563 https://eprints.ums.ac.id/11563/ ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI KOLAMIAH, SRI MARTINI L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. (2) Mendeskripsikan strategi tuturan ilokusi guru Bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan analisis datanya termasuk penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Sumber data diperoleh dari Guru Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali yang berupa rekaman. Data dikumpulkan dengan metode simak, rekam, dan catat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Bentuk tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali : (a) Tindak tutur asertif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya kepada kebenaran atas apa yang dikatakannya yaitu menjelaskan, menegaskan, menyetujui, menunjukkan, dan menyebutkan. (b) Tindak tutur direktif, tindak tutur ini bertujuan agar pendengar melakukan tindakan yang disebutkan oleh penutur yaitu menyuruh dan menuntut. (c) Tindak tutur ekspresif, tindak tutur ini bertujuan agar ujaran penutur dijadikan sebagai evaluasi mitra tutur yaitu mengkritik dan mengeluh. (d) Tindak tutur komisif, tindak tutur ini bertujuan mengikat penuturnya untuk melaksanakan ujarannya yaitu bertanya dan mengancam. (e) Tindak tutur deklarasi, tindak tutur ini bertujuan dengan maksud untuk menciptakan keadaan baru yaitu melarang. (2) Strategi tindak tutur ilokusi guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono Boyolali, strategi tindak tutur ilokusi lebih banyak menggunakan strategi tindak tutur langsung. Secara formal berdasarkan modusnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11563/17/09._LAMPIRAN.pdf KOLAMIAH, SRI MARTINI (2011) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310060149
spellingShingle L Education (General)
KOLAMIAH, SRI MARTINI
ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title_full ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title_fullStr ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title_full_unstemmed ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title_short ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO BOYOLALI
title_sort analisis tindak tutur ilokusi guru bahasa indonesia dalam interaksi belajar mengajar kelas vii smp muhammadiyah 7 banyudono boyolali
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11563/
work_keys_str_mv AT kolamiahsrimartini analisistindaktuturilokusigurubahasaindonesiadalaminteraksibelajarmengajarkelasviismpmuhammadiyah7banyudonoboyolali