PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (2) Hasil pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (3) manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita. Objek penel...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11561/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995375974580224 |
---|---|
author | UTAMI, CATUR IDA |
author_facet | UTAMI, CATUR IDA |
author_sort | UTAMI, CATUR IDA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pembelajaran
kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (2) Hasil pembelajaran
kemampuan
menyimak dengan metode bercerita, (3) manfaat yang dapat diambil dari
pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita.
Objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menyimak di TK
Jatipuro II. Sumber data diperoleh dari guru kelas, seluruh siswa TK Jatipuro II,
dan
naskah cerita. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata maupun tindakan hasil
pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi
dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan
penarikan
simpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Implementasi pembelajaran
kemampuan menyimak menggunakan teknik dramatisasi dan alat peraga, dalam
hal
ini penggunaan alat peraga lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
(2) siswa yang dapat menceritakan kembali berturut-turut dari pertemuan
pertama
sampai ketiga adalah 3 siswa, 14 siswa, dan 18 siswa. Cerita yang dibawakan
siswasiswa
tersebut sesuai dengan tema cerita (3) manfaat yang dapat diambil dari
pembelajaran kemampuan menyimak antara lain: pada umumnya anak-anak
senang
dengan kegiatan bercerita; guru dapat mengkomunikasikan bermacam-macam
ide
melalui kegiatan bercerita; kegiatan bercerita dapat melatih siswa untuk
mendengarkan dan menjadi penyimak yang kritis dan kreatif; guru dapat menjalin
keakraban dengan siswa-siswa melalui kegiatan bercerita; guru dapat lebih
mengenal
karakter siswanya; dan tidak memerlukan biaya yang besar.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11561 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11561 https://eprints.ums.ac.id/11561/ PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO UTAMI, CATUR IDA HG Finance Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (2) Hasil pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita, (3) manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran kemampuan menyimak dengan metode bercerita. Objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menyimak di TK Jatipuro II. Sumber data diperoleh dari guru kelas, seluruh siswa TK Jatipuro II, dan naskah cerita. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata maupun tindakan hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Implementasi pembelajaran kemampuan menyimak menggunakan teknik dramatisasi dan alat peraga, dalam hal ini penggunaan alat peraga lebih efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. (2) siswa yang dapat menceritakan kembali berturut-turut dari pertemuan pertama sampai ketiga adalah 3 siswa, 14 siswa, dan 18 siswa. Cerita yang dibawakan siswasiswa tersebut sesuai dengan tema cerita (3) manfaat yang dapat diambil dari pembelajaran kemampuan menyimak antara lain: pada umumnya anak-anak senang dengan kegiatan bercerita; guru dapat mengkomunikasikan bermacam-macam ide melalui kegiatan bercerita; kegiatan bercerita dapat melatih siswa untuk mendengarkan dan menjadi penyimak yang kritis dan kreatif; guru dapat menjalin keakraban dengan siswa-siswa melalui kegiatan bercerita; guru dapat lebih mengenal karakter siswanya; dan tidak memerlukan biaya yang besar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/1/2_HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/2/3_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/3/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/4/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/5/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/6/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/7/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11561/8/9_LAMPIRAN.pdf UTAMI, CATUR IDA (2011) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310050125 |
spellingShingle | HG Finance UTAMI, CATUR IDA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title_full | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title_fullStr | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title_full_unstemmed | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title_short | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN METODE BERCERITA BERBASIS GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK SAPEN I KECAMATAN MOJOLABAN SUKOHARJO |
title_sort | pembelajaran keterampilan menyimak dengan metode bercerita berbasis gambar di taman kanak kanak sapen i kecamatan mojolaban sukoharjo |
topic | HG Finance |
url | https://eprints.ums.ac.id/11561/ |
work_keys_str_mv | AT utamicaturida pembelajaranketerampilanmenyimakdenganmetodeberceritaberbasisgambarditamankanakkanaksapenikecamatanmojolabansukoharjo |