PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun ajaran 2009/2010 dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Nege...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11556/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995374585217024 |
---|---|
author | RODIYAH , NGINAYATU |
author_facet | RODIYAH , NGINAYATU |
author_sort | RODIYAH , NGINAYATU |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun ajaran 2009/2010 dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun ajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Plupuh Tahun Ajaran 2009/2010 mulai bulan April – Juni 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII pada semester 2 sebanyak 40 siswa. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik akan merasakan pentingnya belajar, dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa yang dipelajarinya. 2) Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai. Guru bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan, tetapi mengatur lingkungan dan strategi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik belajar. Lingkungan yang kondusif sangat penting dan sangat menunjang pembelajaran kontekstual, dan keberhasilan pembelajaraan secara keseluruhan. 3) Pembelajaran interaktif, guru harus menyadari bahwa pembelajaran memiliki sifat yang sangat kompleks karena melibatkan aspek pedagogis, psikologis dan didaktis secara bersamaan. Caranya guru dengan menggunakan pendekatan pemberian pemahaman kepada siswa, pemberian informasi dan pendekatan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11556 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11556 https://eprints.ums.ac.id/11556/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 RODIYAH , NGINAYATU L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun ajaran 2009/2010 dan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi melalui pendekatan konstekstual bagi siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Plupuh Tahun Ajaran 2009/2010 mulai bulan April – Juni 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII pada semester 2 sebanyak 40 siswa. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik akan merasakan pentingnya belajar, dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa yang dipelajarinya. 2) Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai. Guru bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan, tetapi mengatur lingkungan dan strategi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik belajar. Lingkungan yang kondusif sangat penting dan sangat menunjang pembelajaran kontekstual, dan keberhasilan pembelajaraan secara keseluruhan. 3) Pembelajaran interaktif, guru harus menyadari bahwa pembelajaran memiliki sifat yang sangat kompleks karena melibatkan aspek pedagogis, psikologis dan didaktis secara bersamaan. Caranya guru dengan menggunakan pendekatan pemberian pemahaman kepada siswa, pemberian informasi dan pendekatan pemecahan terhadap masalah yang dihadapi oleh siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11556/1/KOVER%2BBAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11556/3/SKRIPSI_NGINAYATU_RODIYAH.pdf RODIYAH , NGINAYATU (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310060048 |
spellingShingle | L Education (General) RODIYAH , NGINAYATU PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI PLUPUH TAHUN AJARAN 2009/2010 |
title_sort | peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi melalui pendekatan kontekstual siswa kelas vii mts negeri plupuh tahun ajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11556/ |
work_keys_str_mv | AT rodiyahnginayatu peningkatanhasilbelajarmenuliskarangandeskripsimelaluipendekatankontekstualsiswakelasviimtsnegeriplupuhtahunajaran20092010 |