PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER
Komputer dapat digunakan sebagai perangkat pemrosesan informasi dan sumber daya profesional yang terdapat dalam organisasi. Dalam aktivitas perkuliahan dan praktek akuntansi yang meliputi pengolahan kata (word processing), komunikasi elektronik (elektronic communication), dan aktivitas lainnya dapat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11551/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995373485260800 |
---|---|
author | UTAMI, ASIH YULI |
author_facet | UTAMI, ASIH YULI |
author_sort | UTAMI, ASIH YULI |
collection | ePrints |
description | Komputer dapat digunakan sebagai perangkat pemrosesan informasi dan sumber daya profesional yang terdapat dalam organisasi. Dalam aktivitas perkuliahan dan praktek akuntansi yang meliputi pengolahan kata (word processing), komunikasi elektronik (elektronic communication), dan aktivitas lainnya dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga aplikasi teknologi yang berbasis komputer dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keahlian menggunakan komputer terhadap penggunaan komputer.
Penelitian ini menggunakan metode survey empiris dengan menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadyah Surakarta yang berjumlah 1719 orang mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 172 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keahlian menggunakan komputer terhadap penggunaan komputer. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 82,749 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai koefisien determinasi bernilai positif, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 32,3% variasi dari penggunaan komputer dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel keahlian menggunakan komputer. Sedangkan sisanya sekitar 67,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keahlian menggunakan komputer yang cukup memadai dari mahasiswa akan mendukung penggunaan komputer dalam aplikasi pembelajaran di perguruan tinggi. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11551 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11551 https://eprints.ums.ac.id/11551/ PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER UTAMI, ASIH YULI HF5601 Accounting LB Theory and practice of education Komputer dapat digunakan sebagai perangkat pemrosesan informasi dan sumber daya profesional yang terdapat dalam organisasi. Dalam aktivitas perkuliahan dan praktek akuntansi yang meliputi pengolahan kata (word processing), komunikasi elektronik (elektronic communication), dan aktivitas lainnya dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga aplikasi teknologi yang berbasis komputer dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keahlian menggunakan komputer terhadap penggunaan komputer. Penelitian ini menggunakan metode survey empiris dengan menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadyah Surakarta yang berjumlah 1719 orang mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 172 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keahlian menggunakan komputer terhadap penggunaan komputer. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi linier sederhana yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 82,749 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai koefisien determinasi bernilai positif, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 32,3% variasi dari penggunaan komputer dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel keahlian menggunakan komputer. Sedangkan sisanya sekitar 67,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keahlian menggunakan komputer yang cukup memadai dari mahasiswa akan mendukung penggunaan komputer dalam aplikasi pembelajaran di perguruan tinggi. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/1/HALAMAN_MUKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/12/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/14/bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11551/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf UTAMI, ASIH YULI (2007) PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200020218 |
spellingShingle | HF5601 Accounting LB Theory and practice of education UTAMI, ASIH YULI PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title | PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title_full | PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title_fullStr | PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title_full_unstemmed | PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title_short | PENGARUH TINGKAT KEAHLIAN MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER TERHADAP PENGGUNAAN KOMPUTER |
title_sort | pengaruh tingkat keahlian mahasiswa dalam menggunakan komputer terhadap penggunaan komputer |
topic | HF5601 Accounting LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11551/ |
work_keys_str_mv | AT utamiasihyuli pengaruhtingkatkeahlianmahasiswadalammenggunakankomputerterhadappenggunaankomputer |