PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar PKn melaui media gambar pada siswa Kelas II SD Negeri 04 Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUHARDIATI, HERLINA ARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11546/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995371548540928
author SUHARDIATI, HERLINA ARI
author_facet SUHARDIATI, HERLINA ARI
author_sort SUHARDIATI, HERLINA ARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar PKn melaui media gambar pada siswa Kelas II SD Negeri 04 Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran PKn. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Dlepih Kecamatan Tirtimoyo, Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, yakni dengan membandingkan nilai tes antarsiklus dan prestasi belajar PKn awal siswa sebelum diberi tindakan. Yang dianalisis adalah nilai tes siswa sebelum menggunakan media gambar; dan nilai tes siswa setelah menggunakan media gambar; sebanyak dua siklus. Data yang berupa nilai tes antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: Kemamuan awal prestasi belajar PKn nilai rerata sebesar 64,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas sebesar 60%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rerata nilai PKn sebesar 68,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 80%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rerata nilai PKn sebesar 73,50 seluruh siswa yang berjumlah 10 siswa mendapat nilai 65 atau lebih ketuntasan secara klasikal telah mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas II SD Negeri 04 Plepih Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11546
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11546 https://eprints.ums.ac.id/11546/ PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SUHARDIATI, HERLINA ARI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar PKn melaui media gambar pada siswa Kelas II SD Negeri 04 Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran PKn. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Dlepih Kecamatan Tirtimoyo, Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, yakni dengan membandingkan nilai tes antarsiklus dan prestasi belajar PKn awal siswa sebelum diberi tindakan. Yang dianalisis adalah nilai tes siswa sebelum menggunakan media gambar; dan nilai tes siswa setelah menggunakan media gambar; sebanyak dua siklus. Data yang berupa nilai tes antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: Kemamuan awal prestasi belajar PKn nilai rerata sebesar 64,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas sebesar 60%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rerata nilai PKn sebesar 68,50, siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 80%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rerata nilai PKn sebesar 73,50 seluruh siswa yang berjumlah 10 siswa mendapat nilai 65 atau lebih ketuntasan secara klasikal telah mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas II SD Negeri 04 Plepih Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/11/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11546/21/9._LAMPIRAN.pdf SUHARDIATI, HERLINA ARI (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220960004
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUHARDIATI, HERLINA ARI
PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 DLEPIH KECAMATAN TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas ii sekolah dasar negeri 04 dlepih kecamatan tirtomoyo kabupaten wonogiri tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11546/
work_keys_str_mv AT suhardiatiherlinaari penerapanmediagambaruntukmeningkatkanprestasibelajarpendidikankewarganegaraansiswakelasiisekolahdasarnegeri04dlepihkecamatantirtomoyokabupatenwonogiritahunpelajaran20102011