PERBANDINGAN METODE THINK – TALK - WRITE (TTW) DENGAN METODE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PENGAJARAN KALIMAT MAJEMUK SETARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan dan prestasi belajar dengan metode Think – Talk – Write ( TTW) dan Inquiring Minds Want to Know pada pengajaran kalimat majemuk setara. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas V...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WIDIANTO, JOKO
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11544/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan dan prestasi belajar dengan metode Think – Talk – Write ( TTW) dan Inquiring Minds Want to Know pada pengajaran kalimat majemuk setara. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, bantu, dan wawancara. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji varian matching untuk mengetahui bahwa kedua kelompok mempunyai rata-rata kemampuan awal yang sama. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan rumus t-tes. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % dipenuhi bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dikenai metode Think – Talk – Write ( TTW) dan siswa yang dikenai metode Inquiring Minds Want to Know dalam pengajaran kalimat majemuk setara bidang studi Bahasa Indonesia siswa kelas VIII semester 3 di SMP Negeri 3 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Hal ini didasarkan dari analisis data menggunakan uji t-tes dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai thitung = 3,470 maka thitung > t0.025:64 = 1,960 dan (2) berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar menunjukkan bahwa siswa yang dikenakan metode pembelajaran Think- Talk-Write memiliki rata-rata prestasi belajar 76,30 dan siswa yang dikenakan motode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know memiliki rata-rata prestasi belajar 72,48 dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang dikenai metode TTW lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai metode Inquiring Minds Want to Know. Hal ini juga didukung pada pelaksanaan proses pembelajaran pada kelas yang diajar dengan metode TTW siswa cenderung lebih aktif dan kreatif dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan metode Inquiring Minds Want to Know.