PERBANDINGAN METODE THINK – TALK - WRITE (TTW) DENGAN METODE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PENGAJARAN KALIMAT MAJEMUK SETARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan dan prestasi belajar dengan metode Think – Talk – Write ( TTW) dan Inquiring Minds Want to Know pada pengajaran kalimat majemuk setara. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas V...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11544/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan dan prestasi
belajar dengan metode Think – Talk – Write ( TTW) dan Inquiring Minds Want to
Know pada pengajaran kalimat majemuk setara. Sampel dalam penelitian ini,
yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas
kontrol. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji
validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
tes, observasi, bantu, dan wawancara. Sebelum dilakukan analisis data terlebih
dahulu dilakukan uji varian matching untuk mengetahui bahwa kedua kelompok
mempunyai rata-rata kemampuan awal yang sama. Selanjutnya analisis data
dengan menggunakan rumus t-tes. Dari hasil analisis data dengan taraf
signifikansi 5 % dipenuhi bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara
siswa yang dikenai metode Think – Talk – Write ( TTW) dan siswa yang dikenai
metode Inquiring Minds Want to Know dalam pengajaran kalimat majemuk setara
bidang studi Bahasa Indonesia siswa kelas VIII semester 3 di SMP Negeri 3
Sragen tahun ajaran 2010/2011. Hal ini didasarkan dari analisis data
menggunakan uji t-tes dengan tingkat signifikansi 5% diperoleh nilai thitung =
3,470 maka thitung > t0.025:64 = 1,960 dan (2) berdasarkan nilai rata-rata prestasi
belajar menunjukkan bahwa siswa yang dikenakan metode pembelajaran Think-
Talk-Write memiliki rata-rata prestasi belajar 76,30 dan siswa yang dikenakan
motode pembelajaran Inquiring Minds Want to Know memiliki rata-rata prestasi
belajar 72,48 dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa yang dikenai metode
TTW lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai metode Inquiring Minds
Want to Know. Hal ini juga didukung pada pelaksanaan proses pembelajaran pada
kelas yang diajar dengan metode TTW siswa cenderung lebih aktif dan kreatif
dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan metode Inquiring Minds Want to
Know. |
---|