PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pem-belajaran aktif Physical Self-Assessment. Sebelum diberikan tindakan keaktifan sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARYANI, ARIEK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11543/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995370707582976
author ARYANI, ARIEK
author_facet ARYANI, ARIEK
author_sort ARYANI, ARIEK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pem-belajaran aktif Physical Self-Assessment. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan meng-gunakan strategi pembelajaran ceramah, kelompok dan diskusi. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data de-ngan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan pe-nerapan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 75% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pelaksanaan Otonomi Daerah di kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan dan berpendapat sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment, siklus I meningkat menjadi 7 (25,93%), siklus II 15 (55,56%), siklus III 21 (77,78%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas xvii tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Physical Self-Assessment dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pelaksanaan Otonomi Daerah Pada Siswa Kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11543
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11543 https://eprints.ums.ac.id/11543/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010 ARYANI, ARIEK LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pem-belajaran aktif Physical Self-Assessment. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan meng-gunakan strategi pembelajaran ceramah, kelompok dan diskusi. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data de-ngan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan pe-nerapan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 75% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pelaksanaan Otonomi Daerah di kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan dan berpendapat sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Physical Self-Assessment, siklus I meningkat menjadi 7 (25,93%), siklus II 15 (55,56%), siklus III 21 (77,78%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas xvii tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Physical Self-Assessment dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pelaksanaan Otonomi Daerah Pada Siswa Kelas IX A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/9/bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/13/bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/22/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11543/25/Lampiran.pdf ARYANI, ARIEK (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070037
spellingShingle LB Theory and practice of education
ARYANI, ARIEK
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PHYSICAL SELF-ASSESSMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAMPROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH PADA SISWA KELAS IX A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran aktif physical self assessment sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalamproses pembelajaran pkn materi pelaksanaan otonomi daerah pada siswa kelas ix a smp muhammadiyah 8 surakarta tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11543/
work_keys_str_mv AT aryaniariek penerapanstrategipembelajaranaktifphysicalselfassessmentsebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaranpknmateripelaksanaanotonomidaerahpadasiswakelasixasmpmuhammadiyah8surakartatahun2010