PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11540/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995369899130880
author PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
author_facet PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
author_sort PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, mencari bahan materi di internet dan strategi pembelajaran pertanyaan dari peserta didik. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% dari 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani, pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa yang aktif materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 8 siswa atau 28,5%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode pembelajaran Mind Maps, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 11 siswa atau 39,28% dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa atau 71,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Maps dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11540
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11540 https://eprints.ums.ac.id/11540/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010 PUTRA, DHIMAS WIDYARTA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, mencari bahan materi di internet dan strategi pembelajaran pertanyaan dari peserta didik. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% dari 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani, pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa yang aktif materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 8 siswa atau 28,5%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode pembelajaran Mind Maps, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 11 siswa atau 39,28% dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa atau 71,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Maps dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11540/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11540/2/SKRIPSI_LENGKAP.pdf PUTRA, DHIMAS WIDYARTA (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070012
spellingShingle LB Theory and practice of education
PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title_full PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title_short PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010
title_sort penerapan metode pembelajaran mind maps sebagai upaya meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas xi ipa 1 sma negeri 3 wonogiri tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11540/
work_keys_str_mv AT putradhimaswidyarta penerapanmetodepembelajaranmindmapssebagaiupayameningkatkankeaktifandalamprosespembelajaranpendidikankewarganegaraanmateribudayademokrasimenujumasyarakatmadanipadasiswakelasxiipa1smanegeri3wonogiritahun2010