PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan t...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: PUTRA, DHIMAS WIDYARTA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11540/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010 melalui penerapan metode pembelajaran Mind Maps. Sebelum diberikan tindakan, keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah, mencari bahan materi di internet dan strategi pembelajaran pertanyaan dari peserta didik. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% dari 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani, pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Maps siswa yang aktif materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 8 siswa atau 28,5%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode pembelajaran Mind Maps, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 11 siswa atau 39,28% dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa atau 71,4%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Maps dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.