PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MEDIA TEKS BERJALAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 WONOGIRI
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Wonigiri, untuk memaparkan peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan dengan media teks berjalan. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/11533/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan membaca
cepat siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Wonigiri, untuk memaparkan peningkatan proses
pembelajaran yang dilakukan dengan media teks berjalan.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action
research. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII dan
siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Wonogiri. Data yang diperoleh berupa hasil tes, hasil
observasi, dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan
teknik tes dan teknik non tes. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif
yang diperoleh dari hasil tes serta teknik kualitatif yang diperoleh dengan menganalisis
data non tes berupa hasil observasi dan hasil wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan
membaca cepat dan pemahaman isi serta respon siswa kelas VIII SMP Negeri 7
Wonogiri. Hasil kecepatan membaca pada pra siklus rata-rata 136 kpm, siklus I naik
menjadi 163 kpm, dan siklus II menjadi 193 kpm. Pemahaman isi siswa pada pra siklus
rata-rata 60%, pada siklus I rata-rata 65%, dan suklus II rata-rata 85%. Respon siswa
yang meliputi perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keaktifan siswa dalam
melaksanakan tugas guru, kerjasama dengan teman sebangku, dan keaktifan siswa
bertanya ketika mengalami kesulitan mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.
Kebiasaan-kebiasaan lama yang menghambat kecepatan membaca seperti membaca
dengan bersuara, menggerakkan kepala ke kiri ke kanan, menunjuk kata dengan jari, dan
konsentrasi yang terpecah dari siklus ke siklus menjadi hilang. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teks berjalan dapat
meningkatkan kecepatan membaca, pemahaman isi, respon siswa saat menerima
pelajaran, dan teknik membaca siswa. |
---|