PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMERANKAN NASKAH DRAMA DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 – 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama dengan metode role playing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11529/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing
dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama dengan
metode role playing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo
tahun ajaran 2010-2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam
penelitian ini adalah informasi mengenai peningkatan keaktifan dan kemampuan
siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode
role playing. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas
VIII B dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Teknik
pengumpulan data dari penelitian ini diambil dengan wawancara, observasi,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dilakukan
dengan empat tahap yaitu kategori data, validitas data, interpretasi data, dan
tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan
kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama
dengan metode role playing. Siklus I sebelum menggunakan metode role playing
siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran sebesar 15% atau 6 siswa yang
aktif memberikan tanggapan dan 25 % atau 10 siswa yang aktif bertanya. Siklus II
setelah menggunakan metode role playing siswa yang aktif selama kegiatan
pembelajaran sebesar 27,5% atau 11 siswa yang aktif memberikan tanggapan dan
35 % atau 14 siswa yang aktif bertanya. Siklus III siswa yang aktif selama
kegiatan pembelajaran sebesar 57,5% atau 23 siswa yang aktif memberikan
tanggapan dan 17,5 % atau 7 siswa yang aktif bertanya. Peningkatan kemampuan
siswa dalam memerankan naskah drama siklus I sebelum menggunakan metode
role playing siswa yang nilainya di atas KKM (6,3) adalah 35% atau 14 siswa.
Siklus II setelah menggunakan metode role playing meningkat menjadi 63% atau
25 siswa. Siklus III meningkat menjadi 97,5% atau 39 siswa. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing mampu meningkatkan
keaktifan dan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama pada siswa
kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010-2011.
|
---|