PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMERANKAN NASKAH DRAMA DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 – 2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama dengan metode role playing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SRI YANTO , SRI YANTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11529/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama dengan metode role playing pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah informasi mengenai peningkatan keaktifan dan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII B dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini diambil dengan wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu kategori data, validitas data, interpretasi data, dan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran memerankan naskah drama dengan metode role playing. Siklus I sebelum menggunakan metode role playing siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran sebesar 15% atau 6 siswa yang aktif memberikan tanggapan dan 25 % atau 10 siswa yang aktif bertanya. Siklus II setelah menggunakan metode role playing siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran sebesar 27,5% atau 11 siswa yang aktif memberikan tanggapan dan 35 % atau 14 siswa yang aktif bertanya. Siklus III siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran sebesar 57,5% atau 23 siswa yang aktif memberikan tanggapan dan 17,5 % atau 7 siswa yang aktif bertanya. Peningkatan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama siklus I sebelum menggunakan metode role playing siswa yang nilainya di atas KKM (6,3) adalah 35% atau 14 siswa. Siklus II setelah menggunakan metode role playing meningkat menjadi 63% atau 25 siswa. Siklus III meningkat menjadi 97,5% atau 39 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam memerankan naskah drama pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2010-2011.