PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 JUNGKE KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Karanganyar melalui penerapan metode media gambar, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Karanganyar melalu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11528/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Karanganyar melalui penerapan metode media gambar, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Karanganyar melalui penerapan metode media gambar.
Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 02 Jungke Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Karanganyar, dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas V. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode media gambar dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 60% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 80%. (2) penerapan metode media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Hal ini ditandai dengan nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai terendah siswa 60 dan nilai tertinggi siswa adalah 80 sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 65 dan nilai tertinggi siswa adalah 85, (3) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I nilai hasil mengarang siswa rata-rata sebesar 63 dan pada siklus II meningkat menjadi 72.
|
---|