PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011
Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu bidang garapan pembelajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting. Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangakan oleh guru. Berdasarkan observasi awal denga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11524/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995365378719744 |
---|---|
author | PURBASARI , DWI ANISSA |
author_facet | PURBASARI , DWI ANISSA |
author_sort | PURBASARI , DWI ANISSA |
collection | ePrints |
description | Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu
bidang garapan pembelajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting.
Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal
yang harus dipertimbangakan oleh guru. Berdasarkan observasi awal dengan guru
kelas pembelajaran menulis kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo masih
belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal kurang dari 65.
Pemilihan pendekatan kontekstual dengan tipe Probing Prompting sebagai upaya
untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa yang termasuk
keterampilan berbahasa sebagai salah satu kompetensi dasar menulis. Penelitian
ini mengangkat permasalahan, yaitu; (1) Apakah penerapan pembelajaran
kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan kualitas proses
pembelajaran menulis surat pribadi?, (2) Apakah penerapan pembelajaran
kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan hasil pembelajaran
menulis surat pribadi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar menulis surat pribadi siswa setelah diterapkan model pembelajaran
kontektual tipe probing prompting.
Model pembelajaran probing prompting terbukti mampu meningkatkan
kemampuan menulis surat pribadi. Hal ini ditunjukkan pada tahap prasiklus, nilai
rata-rata kemampuan menulis siswa adalah 62,875. Setelah dilakukan tindakan
siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 72,375. Pada Siklus II, nilai rata-rata
kemampuan menulis surat pribadi adalah 80,03. Hal ini dapat diketahui dari nilai
rata-rata kemampuan menulis surat pribadi dari prasiklus, siklus I dan siklus II
mengalami peningkatan sebesar 17,155%.
Model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan aktivitas siswa
dan mengubah sifat negatif yakni banyaknya penyelewengan dari tidak
memperhatikan penjelasan guru sampai tidak mau mencatat menjadi positif yang
ditunjukan pada perhatian siswa pada pembelajaran dan kemauan siswa untuk
mencatat materi dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningktan. Hal
ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa selama
pembelajaran berlangsung. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru meningkat 47,43%. Aktivitas siswa dapat menjawab pertanyaan guru meningkat 28,31%.
Persentase siswa yang aktif mencatat penjelasan guru tentang surat pribadi
meningkat 22,97%. Aktivitas siswa dalam menulis tetap 100%. Persentase
aktivitas siswa dalam merayakan keberhasilan meningkat 12,5%. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11524 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11524 https://eprints.ums.ac.id/11524/ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 PURBASARI , DWI ANISSA L Education (General) Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu bidang garapan pembelajaran Bahasa Indonesia yang memegang peranan penting. Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangakan oleh guru. Berdasarkan observasi awal dengan guru kelas pembelajaran menulis kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo masih belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata klasikal kurang dari 65. Pemilihan pendekatan kontekstual dengan tipe Probing Prompting sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa yang termasuk keterampilan berbahasa sebagai salah satu kompetensi dasar menulis. Penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu; (1) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis surat pribadi?, (2) Apakah penerapan pembelajaran kontekstual tipe probing prompting dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis surat pribadi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis surat pribadi siswa setelah diterapkan model pembelajaran kontektual tipe probing prompting. Model pembelajaran probing prompting terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi. Hal ini ditunjukkan pada tahap prasiklus, nilai rata-rata kemampuan menulis siswa adalah 62,875. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 72,375. Pada Siklus II, nilai rata-rata kemampuan menulis surat pribadi adalah 80,03. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kemampuan menulis surat pribadi dari prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,155%. Model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan aktivitas siswa dan mengubah sifat negatif yakni banyaknya penyelewengan dari tidak memperhatikan penjelasan guru sampai tidak mau mencatat menjadi positif yang ditunjukan pada perhatian siswa pada pembelajaran dan kemauan siswa untuk mencatat materi dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningktan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru meningkat 47,43%. Aktivitas siswa dapat menjawab pertanyaan guru meningkat 28,31%. Persentase siswa yang aktif mencatat penjelasan guru tentang surat pribadi meningkat 22,97%. Aktivitas siswa dalam menulis tetap 100%. Persentase aktivitas siswa dalam merayakan keberhasilan meningkat 12,5%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/1/2._cover_lengkap.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11524/19/9._LAMPIRAN.pdf PURBASARI , DWI ANISSA (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310060004 |
spellingShingle | L Education (General) PURBASARI , DWI ANISSA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title_full | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title_fullStr | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title_short | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/1011 |
title_sort | peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pembelajaran kontekstual tipe probing prompting pada siswa kelas vii smp negeri 1 kartasura tahun ajaran 2010 1011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11524/ |
work_keys_str_mv | AT purbasaridwianissa peningkatanketerampilanmenulissuratpribadimelaluipembelajarankontekstualtipeprobingpromptingpadasiswakelasviismpnegeri1kartasuratahunajaran20101011 |