PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANTO, SONI YUDA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11523/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995365091409920
author ARIYANTO, SONI YUDA
author_facet ARIYANTO, SONI YUDA
author_sort ARIYANTO, SONI YUDA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match siswa yang aktif dalam materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama sebanyak 11 siswa atau 33,33%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 63,64% dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 78,79%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11523
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11523 https://eprints.ums.ac.id/11523/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010 ARIYANTO, SONI YUDA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran PKn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match siswa yang aktif dalam materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama sebanyak 11 siswa atau 33,33%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match, siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 63,64% dan siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 78,79%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/1/2_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/2/3_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/3/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/6/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/8/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/14/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/17/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11523/20/9_LAMPIRAN.pdf ARIYANTO, SONI YUDA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070029
spellingShingle LB Theory and practice of education
ARIYANTO, SONI YUDA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran index card match sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pkn materi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas vii a smp muhammadiyah 7 surakarta tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11523/
work_keys_str_mv AT ariyantosoniyuda penerapanstrategipembelajaranindexcardmatchsebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaranpknmateriproklamasikemerdekaandankonstitusipertamapadasiswakelasviiasmpmuhammadiyah7surakartatahun2010