PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARYATI, ASRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11514/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995362587410432
author MARYATI, ASRI
author_facet MARYATI, ASRI
author_sort MARYATI, ASRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan strategi pembelajaran ceramah, dan metode aktif learning. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 80% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat dan memberikan sanggahan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz, siklus I meningkat menjadi 10 (37,30%), siklus II 15 (59,54%), siklus III 25 (92,60%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11514
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11514 https://eprints.ums.ac.id/11514/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010 MARYATI, ASRI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan strategi pembelajaran ceramah, dan metode aktif learning. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 80% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat dan memberikan sanggahan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz, siklus I meningkat menjadi 10 (37,30%), siklus II 15 (59,54%), siklus III 25 (92,60%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/11/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/19/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11514/24/lampiran.pdf MARYATI, ASRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070039
spellingShingle LB Theory and practice of education
MARYATI, ASRI
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran team quiz sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pkn materi konstitusi yang pernah digunakan di indonesia pada siswa kelas viii a smp muhammadiyah 8 surakarta tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11514/
work_keys_str_mv AT maryatiasri penerapanstrategipembelajaranteamquizsebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaranpknmaterikonstitusiyangpernahdigunakandiindonesiapadasiswakelasviiiasmpmuhammadiyah8surakartatahun2010