PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTI, NOVA WIDYA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11511/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995361766375424
author HASTUTI, NOVA WIDYA
author_facet HASTUTI, NOVA WIDYA
author_sort HASTUTI, NOVA WIDYA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menimbulkan keaktifan siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Teknik pe ngumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan ada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi siswa yang aktif dalam materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebanyak 7 (31,31%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkanstrategi jigsaw bervariasi, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 13 (39,39%) siswa dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 27 (81,81%) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Jigsaw Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11511
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11511 https://eprints.ums.ac.id/11511/ PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HASTUTI, NOVA WIDYA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menimbulkan keaktifan siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Teknik pe ngumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan ada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi siswa yang aktif dalam materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebanyak 7 (31,31%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkanstrategi jigsaw bervariasi, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 13 (39,39%) siswa dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 27 (81,81%) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Jigsaw Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/3/BAB__I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11511/19/LAMPIRAN.pdf HASTUTI, NOVA WIDYA (2011) PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070025
spellingShingle LB Theory and practice of education
HASTUTI, NOVA WIDYA
PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi jigsaw bervariasi sebagai upaya meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan negara kesatuan republik indonesia pada siswa kelas x 7 sma negeri 3 wonogiri tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11511/
work_keys_str_mv AT hastutinovawidya penerapanstrategijigsawbervariasisebagaiupayameningkatkankeaktifandalamprosespembelajaranpendidikankewarganegaraanmaterihakikatbangsadannegarakesatuanrepublikindonesiapadasiswakelasx7smanegeri3wonogiritahunpelajaran20102011