PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Sebelu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWI, ELSA YUNIAR PRAMITA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11506/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi dan ceramah. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama mengalami peningkatan sebesar 80% dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yaitu dari yang aktif bertanya, menjawab pertanyaan dan berkomunikasi yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle siswa yang aktif materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama sebanyak 3 siswa atau 15%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle, siklus I meningkat keaktifannya menjadi 7 siswa atau 35%, siklus II meningkat keaktifannya menjadi 14 siswa atau 70%, dan siklus III meningkat keaktifannya menjadi 17 siswa atau 85%. Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. erdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.