PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11503/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995359572754432 |
---|---|
author | MULIANINGSIH, RIANA |
author_facet | MULIANINGSIH, RIANA |
author_sort | MULIANINGSIH, RIANA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi
Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama
triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari
hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati
yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan
yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11503 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11503 https://eprints.ums.ac.id/11503/ PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MULIANINGSIH, RIANA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/2/BAB_I_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/4/BAB_II_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/8/BAB_IV_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/11/BAB_V_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11503/19/LAMPIRAN.pdf MULIANINGSIH, RIANA (2011) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070026 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education MULIANINGSIH, RIANA PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi card sort bervariasi sebagai upaya meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran pkn materi pancasila sebagai ideologi terbuka pada siswa kelas xii ips 3 sma negeri 3 wonogiri tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11503/ |
work_keys_str_mv | AT mulianingsihriana penerapanstrategicardsortbervariasisebagaiupayameningkatkankeaktifandalamprosespembelajaranpknmateripancasilasebagaiideologiterbukapadasiswakelasxiiips3smanegeri3wonogiritahunpelajaran20102011 |