PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MULIANINGSIH, RIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11503/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3.