PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL PADA SISWA KELAS X PERAWATAN KESEHATAN SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan Kesehatan tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan metode pembelajaran Card Sort. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang, m...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WIDYAWATI, SELVI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11501/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan Kesehatan tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan metode pembelajaran Card Sort. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang, meski guru sudah menggunakan metode team quiz yang diselingi tanya jawab dan diskusi. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional di kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 5 (14,70%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Card Sort, siklus I meningkat menjadi 13 (38,23%), siklus II meningkat menjadi 24 (70,59%) dan siklus III meningkat menjadi 28 (82,35%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada Siswa Kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.