PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL PADA SISWA KELAS X PERAWATAN KESEHATAN SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan Kesehatan tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan metode pembelajaran Card Sort. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang, m...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11501/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan
Kesehatan tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan metode pembelajaran Card Sort. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang, meski guru sudah menggunakan
metode team quiz yang diselingi tanya jawab dan diskusi. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam
penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan
penerapan metode pembelajaran Card Sort keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional pada siswa kelas X Perawatan Kesehatan
SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Sistem Hukum dan Peradilan Nasional di kelas X Perawatan Kesehatan SMK
Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 5 (14,70%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Card Sort, siklus I meningkat menjadi 13 (38,23%), siklus II meningkat menjadi 24 (70,59%) dan siklus III meningkat menjadi 28 (82,35%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang
menyatakan “Diduga melalui Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan
Nasional pada Siswa Kelas X Perawatan Kesehatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. |
---|