PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRASETYO, EKO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11499/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995358479089664
author PRASETYO, EKO
author_facet PRASETYO, EKO
author_sort PRASETYO, EKO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, jigsaw, dan ceramah bervariasi. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 37 siswa, kepala sekolah, guru PKn, serta peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 dapat meningkat minimal 70% dari 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (21,62%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa (54,06%) dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 29 siswa (78,37%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada Kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11499
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11499 https://eprints.ums.ac.id/11499/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010 PRASETYO, EKO LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, jigsaw, dan ceramah bervariasi. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran bermain jawaban. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta yang berjumlah 37 siswa, kepala sekolah, guru PKn, serta peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 dapat meningkat minimal 70% dari 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (21,62%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 20 siswa (54,06%) dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 29 siswa (78,37%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara pada Kelas VIII D SMP Negeri 19 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11499/1/Cover_dan_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11499/2/Skripsi.pdf PRASETYO, EKO (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070031
spellingShingle LB Theory and practice of education
PRASETYO, EKO
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 SURAKARTA TAHUN 2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pkn materi pancasila sebagai ideologi dan dasar negara pada siswa kelas viii di smp negeri 19 surakarta tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11499/
work_keys_str_mv AT prasetyoeko penerapanstrategipembelajaranbermainjawabansebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaranpknmateripancasilasebagaiideologidandasarnegarapadasiswakelasviiidismpnegeri19surakartatahun2010