PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MIATUN, ARIS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11495/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995357381230592
author MIATUN, ARIS
author_facet MIATUN, ARIS
author_sort MIATUN, ARIS
collection ePrints
description Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 42 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 80% dari 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia di kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 13 (30,95%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan meningkat menjadi 16 (44,44%) siswa, siklus II meningkat menjadi 26 (72,22%) siswa, dan Siklus III meningkat menjadi 33 (82,50%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi akan menyebabkan semakin tinggi pula keaktifan siswa. Dengan demikian strategi pembelajaran Card Sort bervariasi merupakan faktor yang ikut mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11495
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11495 https://eprints.ums.ac.id/11495/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010 MIATUN, ARIS LB Theory and practice of education Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 42 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis alir. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini laksanakan melalui tiga siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 80% dari 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia di kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 13 (30,95%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan meningkat menjadi 16 (44,44%) siswa, siklus II meningkat menjadi 26 (72,22%) siswa, dan Siklus III meningkat menjadi 33 (82,50%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Budaya Politik di Indonesia pada Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2010”, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi pembelajaran Card Sort bervariasi akan menyebabkan semakin tinggi pula keaktifan siswa. Dengan demikian strategi pembelajaran Card Sort bervariasi merupakan faktor yang ikut mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Budaya Politik di Indonesia. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11495/1/Cover_dan_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11495/2/Skripsi.pdf MIATUN, ARIS (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220070046
spellingShingle LB Theory and practice of education
MIATUN, ARIS
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERVARIASI EBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI BUDAYA POLITIK DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN 2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran card sort bervariasi ebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pkn materi budaya politik di indonesia pada siswa kelas xi tkr 2 smk muhammadiyah delanggu klaten tahun 2010
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11495/
work_keys_str_mv AT miatunaris penerapanstrategipembelajarancardsortbervariasiebagaiupayameningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaranpknmateribudayapolitikdiindonesiapadasiswakelasxitkr2smkmuhammadiyahdelangguklatentahun2010