MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran CTL pada siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri Tahun ajaran 2006/2007 . Populasi yang digunakan dalam p...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11492/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
_version_ | 1804995356562292736 |
---|---|
author | KURNIASARI , DIAN |
author_facet | KURNIASARI , DIAN |
author_sort | KURNIASARI , DIAN |
collection | ePrints |
description | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran CTL pada siswa kelas IX
SMP Negri 6 Wonogiri Tahun ajaran 2006/2007 . Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran
2006/2007 yang berjumlah 5 kelas yaitu kelas IXA,IXB,IXC,IXD,IXE. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IXD berjumlah 38. Dalam
penelitian ini digunakan teknik Porposive Sampling . Pengumpulan data diambil
dengan menggunakan metode observasi untuk mengambil data aktifitas belajar
siswa (aspek afektif), dokumemtasi digunakan untuk meng ambil data hasil belajar
siswa (aspek kognitif), metode wawancara untuk mengetahui situasi dalam kelas.
Analisis data dari penelitian ini adalah menggunakan deskriftif k ualitatif, yaitu
dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III
dilengkapi dengan analisis regresi linier Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan aktivitas siswa lebih dapat mengungkapkan pendapat,
berdiskusi, lebih mudah mengingat pelajaran,dan mengkaitkan materi pelajaran
dengan kehidupan sehari-hari. Peningkatan h asil belajar(kognitif) siswa sebelum
pelaksanaan tindakan didapatkan rata -rata hasil belajar 5,44 dan rata-rata siklus I
meningkat menjadi 6,29, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 siklus III
meningkat menjadi 7,34, peningkatan afektif pada siklus I 29 (kurang
berhasil),siklus II meningkat 30 (cukup bagus), siklus III meningkat 43(berhasil).
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bah wa terjadi peningkatan hasil
belajar siswa kelas IX D SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 setela h
menggunakan pembelajaran CTL. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11492 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11492 https://eprints.ums.ac.id/11492/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 KURNIASARI , DIAN L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran CTL pada siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri Tahun ajaran 2006/2007 . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 5 kelas yaitu kelas IXA,IXB,IXC,IXD,IXE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IXD berjumlah 38. Dalam penelitian ini digunakan teknik Porposive Sampling . Pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi untuk mengambil data aktifitas belajar siswa (aspek afektif), dokumemtasi digunakan untuk meng ambil data hasil belajar siswa (aspek kognitif), metode wawancara untuk mengetahui situasi dalam kelas. Analisis data dari penelitian ini adalah menggunakan deskriftif k ualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa lebih dapat mengungkapkan pendapat, berdiskusi, lebih mudah mengingat pelajaran,dan mengkaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Peningkatan h asil belajar(kognitif) siswa sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata -rata hasil belajar 5,44 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,29, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,97 siklus III meningkat menjadi 7,34, peningkatan afektif pada siklus I 29 (kurang berhasil),siklus II meningkat 30 (cukup bagus), siklus III meningkat 43(berhasil). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bah wa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IX D SMP Negri 6 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 setela h menggunakan pembelajaran CTL. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/1/halaman_muka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/8/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/10/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/12/DAPUS.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/14/lampiran.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11492/16/LAMP2.pdf KURNIASARI , DIAN (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420020122 |
spellingShingle | L Education (General) KURNIASARI , DIAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_fullStr | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_full_unstemmed | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_short | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 |
title_sort | meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas ix smp negeri 6 wonogiri tahun ajaran 2006 2007 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11492/ |
work_keys_str_mv | AT kurniasaridian meningkatkanhasilbelajarbiologisiswadenganpembelajarancontextualteachingandlearningpadasiswakelasixsmpnegeri6wonogiritahunajaran20062007 |