PENGARUH VARIABEL KEUANGAN TERHADAP HARGA PASAR SAHAM SETELAH PENAWARAN UMUM SAHAM PERDANA

Go Public merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tambahan dana dalam rangka pengembangan usahanya dan memperkuat modal kerja perusahaan. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan yang akan go public yaitu dengan penawaran umum penjualan saham per...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SASMITANI , EDWIN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11477/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Go Public merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tambahan dana dalam rangka pengembangan usahanya dan memperkuat modal kerja perusahaan. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan yang akan go public yaitu dengan penawaran umum penjualan saham perdana atau sering disebut Initial Public Offering (IPO). Sebelum perusahaan tersebut melakukan IPO, biasanya perusahaan tersebut mengeluarkan informasi prospektus perusahaan. Informasi yang diungkapkan dalam informasi prospektus ini dapat membentu investor dalam mengambil keputusan yang rasional mengenai resiko dan nilai saham sesungguhnya yang ditawarkan oleh emiten. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel keuangan yang terdapatdalam informasi prospektus perusahaan, seperti: ROE, ROI, EPS, DER, Dan Proyeksi PER terhadap harga saham. Penelitian ini termasuk penelitian empiris yang menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Jakarta (BEJ). Sampel yang diambil sebanyak 64 perusahaan di BEJ yang melakukan listing pada periode tahun 2000-2005. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data kinerja keuangan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory, sedangkan data harga saham diperoleh dari daftar Kurs Bursa Efek Jakarta tahun 2000-2005. Teknik analisis menggunakan pengujian asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel keuangan berupa ROEt -1, ROIt-1, EPSt -1, DERt -1, proyeksi PERt -1 secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan pasca penawaran saham perdana. Terbukti dari hasil uji F memperoleh Fhitung sebesar 4,174 hingga 5,482 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Nilai Adjusted R² sebesar 0,265 menunjukkan bahwa 26,5% variasi dari harga saham dapat dijelaskan oleh variabel keuangan berupa ROEt -1, ROIt-1, EPSt -1, DERt -1, proyeksi PERt -1, sedangkan sisanya sekitar 73,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar model; (2) Variabel Return On Investmen (ROI), dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan yang melakukan IPO. Hasil Uji t diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), yang berarti ROI dan EPS dapat dipertimbagkan untuk menilai harga saham perusahaan pasca penawaran saham perdana. Selanjutnya variabel Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), dan Price Earnings Ratio (PER) tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan yang melakukan IPO. Hasil uji t ditolak pada taraf signifikan 5% (p>0,05).