PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap pres...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11473/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995351338287104 |
---|---|
author | RINI, PRIMASTUTI PONCO |
author_facet | RINI, PRIMASTUTI PONCO |
author_sort | RINI, PRIMASTUTI PONCO |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk
mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta yang berjumlah 126 siswa, sampel yang diambil sebanyak 25 siswa
dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) metode angket (2) metode dokumentasi (3) metode wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji
t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 18,045 + 0,411
x1 + 0,374 X2 dan dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,270>2,060 pada taraf signifikansi 5% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan
2,112>2,060 pada taraf signifikansi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh Fhitung>Ftabel dengan perolehan 18,680>3,44. (4) di dapat R Square = 62,90% artinya pengaruh minat baca dan lingkungan belajar sebesar 62,90% sisanya 37,10% dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11473 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11473 https://eprints.ums.ac.id/11473/ PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 RINI, PRIMASTUTI PONCO LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta yang berjumlah 126 siswa, sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) metode angket (2) metode dokumentasi (3) metode wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Sebelum data dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 18,045 + 0,411 x1 + 0,374 X2 dan dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,270>2,060 pada taraf signifikansi 5% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh thitung > ttabel dengan perolehan 2,112>2,060 pada taraf signifikansi 5% (3) terdapat pengaruh yang positif antara minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis diperoleh Fhitung>Ftabel dengan perolehan 18,680>3,44. (4) di dapat R Square = 62,90% artinya pengaruh minat baca dan lingkungan belajar sebesar 62,90% sisanya 37,10% dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11473/23/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf RINI, PRIMASTUTI PONCO (2011) PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210080100 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education RINI, PRIMASTUTI PONCO PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH MINAT BACA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh minat baca dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ips pada siswa kelas xi sekolah menengah kejuruan smk pgri i surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/11473/ |
work_keys_str_mv | AT riniprimastutiponco pengaruhminatbacadanlingkunganbelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranipspadasiswakelasxisekolahmenengahkejuruansmkpgriisurakartatahunajaran20102011 |