PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRIANI, BINA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11472/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995351042588672
author APRIANI, BINA
author_facet APRIANI, BINA
author_sort APRIANI, BINA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 91 siswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Perhatian orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,628 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,975 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 21,304 > 3,130 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif 17,8%. Variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 20,4%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kemandirian belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel perhatian orang tua.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11472
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11472 https://eprints.ums.ac.id/11472/ PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 APRIANI, BINA LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 91 siswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Perhatian orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,628 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,975 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 21,304 > 3,130 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif 17,8%. Variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 20,4%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kemandirian belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel perhatian orang tua. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11472/14/LAMPIRAN.pdf APRIANI, BINA (2011) PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060035
spellingShingle LB Theory and practice of education
APRIANI, BINA
PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort prestasi belajar akuntansi ditinjau dari perhatian orang tua dan kemandirian belajar pada siswa kelas xii ips sma al islam 3 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/11472/
work_keys_str_mv AT aprianibina prestasibelajarakuntansiditinjaudariperhatianorangtuadankemandirianbelajarpadasiswakelasxiiipssmaalislam3surakartatahunajaran20102011