PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adala...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11472/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 91 siswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Perhatian orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,628 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,975 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi pada pada siswa kelas XII IPS SMA Al Islam 3 Surakarta. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 21,304 > 3,130 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif 17,8%. Variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 20,4%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kemandirian belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel perhatian orang tua. |
---|