PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI INTERNET DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh positif pemanfaatan teknologi informasi internet terhadap peningkatan prestasi belajar. 2) pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar. 3) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi internet dan media pembelajaran terhadap...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: HIDAYAT, WINA HESTI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11470/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh positif pemanfaatan teknologi informasi internet terhadap peningkatan prestasi belajar. 2) pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar. 3) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi internet dan media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 210 orang. Sampel diambil sebanyak 100 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pemanfaatan teknologi informasi internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS pada siswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,541 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS pada siswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,082 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Pemanfaatan teknologi informasi internet siswa dan media pembelajaran dengan prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 30,167 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel pemanfaatan teknologi informasi internet memberikan sumbangan efektif 17,4%. Variabel media pembelajaran memberikan sumbangan efektif 20,9%. sehingga jika digabung total sumbangan efektif menjadi 38,3%, sedangkan 61,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Jika dibandingkan besarnya sumbangan efektif, nampak jelas bahwa variabel media pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa dibandingkan variabel pemanfaatan teknologi informasi internet.