PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) pengaruh komunikasi kerja guru terhadap kinerja guru; 3) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi kerja guru terhadap kinerja guru....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYAWAN, LINDA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11469/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) pengaruh komunikasi kerja guru terhadap kinerja guru; 3) pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi kerja guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 40 orang. Seluruh populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut sebagai penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 27,420 + 0,445.X1 + 0,413.X2. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi kerja guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Delanggu. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 4,836 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Komunikasi kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Delanggu. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 4,690 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi kerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 47,708 diterima pada taraf signifikansi 5%.